Info Terbaru Kejar Target Literasi Keuangan 75 Persen, OJK Gelar Aksimuda Dan Literasi Keuangan Ojk

https://rumahakal.com

Kejar Target Literasi Keuangan 75 Persen, OJK Gelar Aksimuda

Sebelum menjelaskan lebih detail perihal "Kejar Target Literasi Keuangan 75 Persen, OJK Gelar Aksimuda", kami perkenalkan lebih dahulu tentang Matematika Ajaib.

Click gambar di bawah agar mendapat penjelasan rinci

 

matematika ajaib

Ayo, saatnya kita bahas mengenai  "Kejar Target Literasi Keuangan 75 Persen, OJK Gelar Aksimuda"

TEMPO.CO, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan atau mengelar acara Aksi Mahasiswa dan Pemuda Indonesia Menabung (AKSiMUDA) 2019 di Auditorium BPPT, Jakarta Pusat, Selasa 30 Juli 2019. Acara ini digelar dalam rangka menyambut Hari Indonesia Menabung 2019.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan selain memperingati Hari Indonesia Menabung, acara ini untuk mendorong anak muda meningkatkan literasi dan juga inklusi keuangan. "AKSiMUDA diharapkan bisa memperluas akses keuangan bagi kelompok mahasiswa dan pemuda serta mendukung pencapaian target tingkat inklusi keuangan," kata Wimboh dalam sambutannya, Selasa.

Sampai akhir tahun 2019, pemerintah menargetkan tingkat inklusi keuangan mencapai 75 persen atau meningkat signifikan dari posisi 2014 yang baru mencapai 36 persen. Adapun target inklusi keuangan tersebut termaktub dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 82 Tahun 2016. 

Menurut Wimboh, selama ini peningkatan literasi dan inklusi keuangan bagi anak muda sudah dilakukan melalui peningkatan tabungan dan investasi, melalui program dan produk yang menyasar segmen pemuda. Salah satunya, yakni program Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda). Program ini per 30 Juni 2019 telah dibuka 11.052 rekening dengan nominal sebesar Rp12,4 miliar.

Selain itu, OJK gencar melakukan edukasi tentang pentingnya menabung dan melakukan investasi pada berbagai produk keuangan. OJK juga melakukan edukasi mengenai risiko dan imbal hasil produk keuangan hingga edukasi hak-hak konsumen.

Anggota Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan peningkatan literasi dan keuangan anak muda dinilai sangat strategis. Sebab, anak muda bisa menjadi penggerak ekonomi dan program melek keuangan di masyarakat.

"Mereka memiliki potensi besar sebagai penggerak perekonomian Indonesia baik dari segi jumlah populasi, karakter, dan tingkat literasi serta inklusi keuangan,” kata Tirta dalam acara yang sama.

Nilai strategis anak muda terlihat lewat data statistik 2019 yang menunjukkan proyeksi jumlah penduduk Indonesia untuk kelompok pemuda berusia 15-29 tahun yaitu sebesar 65,8 juta atau sekitar 24,6 persen dari total penduduk. Data statistik pendidikan tinggi 2018 menunjukkan jumlah mahasiswa terdaftar mencapai 9,8 juta orang.

Sedangkan, hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016 menunjukkan bahwa pemuda usia 18-35 tahun memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok usia lain. Misalnya, usia 18-25 tahun memiliki tingkat literasi sebesar 32,1 persen, 26-35 tahun mencapai 33,5 persen. Dari sisi tingkat inklusi keuangan sebesar 70,0 persen didominasi usia 18-25 tahun dan 68,4 persen usia 26-35 tahun.

DIAS PRASONGKO

Begitulah pembahasan mengenai Matematika Ajaib dan "Kejar Target Literasi Keuangan 75 Persen, OJK Gelar Aksimuda" Terima kasih atas kunjungannya

Konten ini dikelompokkan ke dalam kategori literasi keuangan ojk, literasi keuangan syariah ojk, indikator literasi keuangan ojk,

Konten ini bersumber dari  https://rumahakal.com dan https://bisnis.tempo.co/read/1230135/kejar-target-literasi-keuangan-75-persen-ojk-gelar-aksimuda

Related Posts:

0 Response to "Info Terbaru Kejar Target Literasi Keuangan 75 Persen, OJK Gelar Aksimuda Dan Literasi Keuangan Ojk"

Post a Comment