Artikel Terkini Kolecer, Street Library Ala RK Yang Gagal Di Bandung Berhasil Di Kota Lain Dan Literasi Jalanan

https://rumahakal.com

Kolecer, Street Library ala RK yang Gagal di Bandung Berhasil di Kota Lain

Sebelum menguraikan lebih mendalam tentang "Kolecer, Street Library ala RK yang Gagal di Bandung Berhasil di Kota Lain", saya terangkan lebih dahulu perihal Rahasia Unik Matematika Ajaib.

Click gambar di bawah untuk mendapat penjelasan rinci

 

matematika ajaib

Ayo, sekarang kita jelaskan mengenai  "Kolecer, Street Library ala RK yang Gagal di Bandung Berhasil di Kota Lain"

Bandung - Di masa akhir jabatannya sebagai wali kota, Ridwan Kamil (RK) meluncurkan street library, yaitu lemari buku yang bentuknya seperti boks telepon umum disimpan di jalanan. Ide ini ia bawa ke provinsi. Namun namanya ia ubah menjadi Kolecer (Kotak literasi cerdas).

Program Kolecer ini dibuat RK guna meningkatkan minat baca warga Jawa Barat. Keberadaan program ini ditandai dengan adanya lemari-lemari berisi buku yang disimpan di sejumlah sudut di 27 Kabupaten/Kota di Jabar.

Karena program itu lah, ia mendapat penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka untuk kategori Pejabat Publik yang Berperan Aktif Terhadap Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca dari Perpusatakaan Nasional.

"Kita ada program Kolecer yang istimewa, dengan menggerakkan kotak-kotak literasi di jalanan, di pasar, di rumah sakit dan di mana-mana," ujar RK usai menerima penghargaan pada Jumat lalu (6/9/2019).

Detikcom mencoba menelusuri keberadaan Kolecer di sejumlah daerah di Jabar. Rata-rata euforia terjadi pada saat pertama peluncuran, namun kondisinya kini di sebagian wilayah tak seramai saat awal. Bahkan di Kota Bandung, di mana program ini pertama kali dibuat, bisa dikatakan gagal.

Street library di Jalan Asia Afrika. Lemari buku kosong dan terkunciStreet library di Jalan Asia Afrika. Lemari buku kosong dan terkunci Foto: Fadil Muhammad

Detikcom mendatangi street library di Jalan Asia Afrika tepatnya seberang Hotel Savoy Homann, di mana di sini pula RK memposting pertama kali program ini saat jadi wali kota. Kondisinya terlihat tak terurus. Lemari buku yang kosong itu terkunci.

Iqbal Nur Alam, salah satu warga menyayangkan keberadaan Street Library yang kini tak terurus. Dia menyoroti penempatannya yang kurang strategis.

"Kurang tepat sih naruhnya di pinggir jalan," ucap Iqbal kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Kondisi lebih memprihatinkan street library atau Kolecer di Taman Pasupati. Di lokasi ini kotak lemari buku berwarna merah itu jadi korban vandalisme. Tidak ada buku sama sekali.

"Dicoretnya sih baru-baru ini. Tahun lalu coretannya masih sedikit, sekarang udah banyak. Udah nggak berfungsi. Dari zaman Ridwan Kamil (wali kota) saja sudah enggak ada bukunya," kata Tati Rohayati salah seorang pedagang di sekitar lokasi.

Begitulah pembahasan mengenai Rahasia Unik Matematika Ajaib dan "Kolecer, Street Library ala RK yang Gagal di Bandung Berhasil di Kota Lain" Terima kasih atas kunjungannya

Artikel ini dikelompokkan ke dalam kategori

Artikel ini bersumber dari  https://rumahakal.com dan https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4698162/kolecer-street-library-ala-rk-yang-gagal-di-bandung-berhasil-di-kota-lain

Related Posts:

0 Response to "Artikel Terkini Kolecer, Street Library Ala RK Yang Gagal Di Bandung Berhasil Di Kota Lain Dan Literasi Jalanan"

Post a Comment